Titah Raja Saudi Izinkan Perempuan Kemudikan Mobil - www.alodunia.com

728x90 AdSpace

Trending

Titah Raja Saudi Izinkan Perempuan Kemudikan Mobil

alodunia.com – Raja Salman bin Abdulaziz, Selasa (26/9/2017) sore kemarin, mengeluarkan titah raja yang membolehkan kaum wanita mengemudikan mobil. Titah tersebut dipublikasikan oleh kantor berita Arab Saudi, SPA.

Di antara hal yang menjadi alasan dibolehkannya wanita mengemudikan mobil adalah adanya hal-hal negatif yang diakibatkan pelarangan wanita mengemudikan mobil. Sebaliknya banyak hal positif dari pembolehan, dengan tetap memperhatikan aturan-aturan syariat.

Dalam surat titah disebutkan bahwa mayoritas anggota Lembaga Pusat Fatwa dan Riset Ilmiah memfatwakan bahwa pada dasarnya seorang wanita memang dibolehkan mengemudikan mobil. Pelarangan didasarkan pada pertimbangan lain.

Apa di Balik Bolehya Wanita Saudi Setir Mobil?

Sebelumnya, Arab Saudi adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak membolehkan wanita mengemudikan kendaraan. Bahkan mayoritas ulama di dunia Islam pun mempertanyakan peraturan tersebut.

Disebutkan, titah ini akan mulai dilaksanakan pada pertengahan tahun depan setelah selesai semua persiapan, aturan, pengeluaran SIM untuk wanita, dan adaptasi undang-undang lalu lintas.

Beberapa hari sebelumnya, telah keluar juga titah yang membolehkan kaum wanita berada di stadion untuk menyaksikan secara langsung pertandingan olahraga. Namun banyak juga pihak yang menyayangkan, hal ini diiringi dengan kelonggaran dalam hal lain yang dinilai negatif. (aljazeera/alodunia.com)
Titah Raja Saudi Izinkan Perempuan Kemudikan Mobil Reviewed by Alo Dunia on 9/27/2017 Rating: 5 alodunia.com – Raja Salman bin Abdulaziz, Selasa (26/9/2017) sore kemarin, mengeluarkan titah raja yang membolehkan kaum wanita mengemud...