Ulama Saudi Sedang Diuji - www.alodunia.com

728x90 AdSpace

Trending

Ulama Saudi Sedang Diuji

alodunia.com – Direktur Gerakan Reformasi Islam (MIR), Sa'ad Al-Faqih, Kamis (28/9/2017) hari ini, menyebut titah Raja Salman bin Abdulaziz membolehkan kaum wanita menyetir kendaraan sebagai sebuah ujian yang bisa mengungkap siapa benar-benar ulama, dan siapa ulama penguasa.

Lebih lanjut, melalui akun Twitternya, tokoh vokal dari Arab Saudi (KSA) ini mengatakan, “Titah Raja ini telah mengungkap siapa sebenarnya mufti dan ulama penguasa. Mereka membalikkan sikapnya dari mengharamkan wanita menyetir kendaraan menjadi membolehkan. Dulu mengharamkan karena mafsadah yang besar; sekarang membolehkan karena mashlahat besar yang dipandang Raja.”

Menurutnya, titah Raja ini telah membebaskan rakyat KSA dari media Barat yang selalu mengganggu dengan artikel-artikelnya. Hal pertama yang dikritik saat membicarakan KSA adalah tentang larangan kaum wanita menyetir kendaraan. Jarang sekali disebutkan tentang korupsi, kezaliman, otoritarianisme, dan sebagainya.

Titah Raja ini seharusnya membuat istana merasa malu. Banyak pangeran yang sekarang harus menelan ludah sendiri. Misalnya yang dikatakan Nayif bin Abdulaziz, “Kaum wanita hanya akan menyetir kendaraan jika sudah tidak ada lagi kaum laki-laki.”

Para ulama, menurutnya, juga hendaknya tersadar. Dulu mereka berkeyakinan bahwa pelarangan kaum wanita menyetir kendaraan adalah benteng terakhir bagi moral rakyat. “Mereka harus bangkit dari sikap lugu. Mereka harus tahu apa prioritas dalam agama, termasuk di dalamnya kezaliman para penguasa,” demikian katanya.

Tidak hanya ulama, Al-Faqih juga memperingatkan lembaga-lembaga keagamaan yang selalu sama mendukung penguasa, dan menyatakannya sebagai sikap syariah, “Aku berdoa semoga titah Raja ini juga berdampak pada lembaga-lembaga munafik yang mengatasnamakan agama. Semoga kredibilitas mereka hancur, sehingga penguasa tidak lagi bisa mengeksploitasi agama untuk kepentingan kekuasaan mereka.”

Situs-situs media sosial ramai membicarakan para ulama pendukung titah Raja sebagai ulama munafik, penabuh gendang, dan mudah mengubah sikap. Hal itu karena para ulama tersebut dulunya adalah penentang keras dibolehkannya kaum wanita menyetir kendaraan, dan sekarang mereka membela mati-matian pembolehannya. (thenewkhalij/alodunia.com)
Ulama Saudi Sedang Diuji Reviewed by Alo Dunia on 9/28/2017 Rating: 5 alodunia.com – Direktur Gerakan Reformasi Islam (MIR), Sa'ad Al-Faqih, Kamis (28/9/2017) hari ini, menyebut titah Raja Salman bin Ab...
BERIKUTNYA
This is the most recent post
Older Post